BERITA DAN ACARA

 

Ujian Tesis dan Proposal Tesis 1

Pada tanggal 03 Juni 2021, Program Studi Pasca Sarjana Magister Teologi telah mengadakan Ujian Tesis atas nama Yohanes Setiawan (06.061.19) dan sekaligus Ujian Proposal Tesis atas nama Kasiria Telaumbanua (06.060.18) secara daring dengan mempergunakan aplikasi Zoom Meeting. Berikut adalah perincian acaranya:

 

UJIAN TESIS

Nama Mahasiswa               : Yohanes Setiawan (06.061.19)

Judul Tesis                           : Analisa Naratif Kejadian 19:1-14 Keramahtamahan Lot sebagai  Orang Asing di Sodom dan Relevansinya dengan Konteks Masa Kini

Ketua Tim Penguji Tesi       : Pdt. Kornelius A. Setiawan, D.Th.

Pembimbing  Tesis              : Pdt. Sia Kok Sin, D. Th.

Penguji I                                 : Pdt. Amos Winarto, Ph. D.

Penguji II                                : Pdt. Dr. Agung Gunawan, Th.M.

 

UJIAN PROPOSAL TESIS

Nama Mahasiswa                : Kasiria Telaumbanua (06.060.18)

Judul Proposal Tesis           : Penyelidikan Konsep Anak Dalam Kitab Rut untuk Memberikan  Pemahaman Tentang Kehadiran Anak Dalam Keluarga Kristen

Penguji I                                 : Pdt. Sia Kok Sin, D.Th.

Penguji II                                : Pdt. Kornelius A. Setiawan, D.Th.

Penguji III                               : Pdt. Dr. Agung Gunawan, Th.M.

 

           

Kedua mahasiswa dinyatakan LULUS dari ujian dan untuk Yohanes Setiawan (06.061.19) dapat di wisuda tahun 2021, sementara Kasiria Telaumbanua (06.060.18) diminta melanjutkan proses penulisan tesisnya. Selamat untuk kedua mahasiswa. Puji Tuhan!

Posted on 03 June 2021



Acara Kebersamaan Mahasiswa 2021

Pada hari Sabtu 29 Mei 2021, STT Aletheia juga mengadakan Acara Kebersamaan Mahasiswa yang dipusatkan di halaman dekat kolam ikan di belakang gedung baru STT Aletheia. Acara ini bertujuan sebagai ajang temu bagi seluruh mahasiswa yang berisi antara lain:

  • 1.      Perpisahan dengan mahasiswa semester 8 (tingkat IV) yang akan tugas praktik pelayanan selama satu tahun.
  • 2.      Dengar pendapat dan masukan dari mahasiswa terhadap pelayanan kampus selama perkuliahan berlangsung.
  • 3.      Kesan dan pesan dari bapak dan ibu asrama
  • 4.      Ramah tamah

Dalam acara yang diikuti oleh seluruh mahasiswa dan bapak/ibu dosen beserta keluarga yang tinggal di kampus, mahasiswa dapat memberikan masukan yang positif bagi perkembangan dan peningkatan mutu pembelajaran kampus ke depannya.

Acara ini juga merupakan pengganti acara retreat yang biasa dilakukan setiap tahun di luar kampus. Hanya karena saat ini masih pandemi covid 19, maka acara dikemas dengan nama Acara Kebersamaan Mahasiswa dan diadakan di dalam lingkungan kampus.

Posted on 02 June 2021



Ibadah Penutupan Semester Genap dan Pengutusan Mahasiswa Praktik 1 Tahun

Ibadah Penutupan Semester Genap 2020/2021 STT Aletheia telah diadakan pada hari Senin, 31 Mei 2021 bertempat di Auditorium Sola Gratia, pkl. 10.00 wib – selesai. Ibadah kali ini juga akan diadakan Prosesi Pengutusan bagi mahasiswa praktik satu tahun yang akan dipimpin oleh Pdt. Amos Winarto, Ph.D. selaku Wakil Ketua III Bidang Kemahasiswaan STT Aletheia.

Ibadah Penutupan Semester dipimpin oleh Ev. Liu Wisda, Th.M. (Ketua Prodi S.Th.) yang dilaksanakan secara daring dan luring. Acara ibadah dihadiri oleh seluruh dosen dan mahasiswa STT Aletheia termasuk mahasiswa S-2 yang masih menyelenggarakan pertemuan kelas secara daring karena pandemi covid-19.

Bertugas sebagai penyampai firman Tuhan adalah Pdt. Alfius areng Mutak, Ed.D. yang mengangkat tema To be a Fine Servant of Christ (1 Timotius 4:6-8; 2 Timotius 1:5 ; 3:15). Dalam renungannya, Pdt. Areng mengatakan bahwa seorang hamba Tuhan yang baik harus mempunyai ciri sebagai berikut:

  • 1.      Memahami Kitab Suci dengan baik ( 2 Timotius 3:15) 
  • 2.      Terdidik dalam soal-soal  Iman  (1 Timotius 4:6)
  • 3.      Terlatih dalam hal-hal spiritual (1 Timotius 4:7b) 

Membangun kedekatan dengan Tuhan atau membangun relasi dengan Tuhan dimulai dari Saat Teduh yang secara konsisten wajib dilakukan oleh seorang hamba Tuhan. Dengan demikian, kita menjadi hamba Tuhan yang terlatih, yang disiplin spiritualnya sudah menjadi gaya hidupnya sehari-hari (way of life).

Di tengah acara juga diadakan acara Pengutusan Bagi Mahasiswa Praktik Satu Tahun yang dipimpin oleh Pdt. Amos Winarto, Ph.D. selaku Wakil Ketua III Bidang Kemahasiswaan STT Aletheia Lawang. Daftar mahasiswa praktik pelayanan 1 tahun periode 1 Juli 2021 s/d 30 Juni 2022 dapat diakses di sini. Juga diumumkan oleh Bpk. Brury Eko Saputra, Th.M. (Wakil Ketua II Bidang Akademik) tentang Mahasiswa Teladan yang tahun ini diperoleh Sdr. Sudarsono dan Sdri. Santi.

Dalam acara Ibadah Penutupan Semester ini juga, Pdt. Suwanton (wakil dari Sinode GKT) memberikan pesan khusus bagi mahasiswa yang akan praktik pelayanan agar senantiasa menjalankan kebiasaan rohani yang baik yang telah terbentuk sebagai seorang hamba Tuhan di STT Aletheia selama ini.

Selamat melayani dan belajar secara praktik di tempat pelayanan. Soli Deo Gloria.

Posted on 02 June 2021