BERITA DAN ACARA

 

Lomba HUT RI ke-76

Dalam rangka turut memeriahkan perayaan HUT RI ke-76, maka BEM STT Aletheia telah mengadakan berbagai lomba yang diikuti oleh seluruh mahasiswa yang dibagi menjadi 4 kelompok.

Adapun lomba-lomba tersebut antara lain:

1. Bakiak Raksasa

2. Estafet Karet

3. Tali Berjalan

4. Pecah Air

5. Makan Kerupuk

Lomba diadakan di jam olahraga yaitu hari Jumat, 20 Agustus 2021, pkl. 14.00-16.00 WIB.

Perlu diketahui bahwa mahasiswa STT Aletheia bisa mengadakan lomba merayakan HUT RI ke-76 karena semua mahasiswa telah menjalani vaksinasi covid 19 dan swab antigen terlebih dahulu sebelum acara dimulai.

Tujuan dari acara ini adalah agar terjalin kekompakan di antara mahasiswa lintas angkatan di samping juga untuk merayakan kemerdekaan RI yang ke-76.

Posted on 24 August 2021



Wisuda Virtual STT Aletheia

Kita patut bersyukur kepada Tuhan yang senantiasa memelihara dan memberdayakan STT Aletheia hingga hari ini. Betapa tidak, di tengah besar dan ganasnya gelombang wabah COVID-19, kami masih diizinkan menyelenggarakan perhelatan penting dalam dunia akademik yaitu pelaksanaan wisuda. Seremoni penting tersebut memang sudah menjadi agenda tetap dalam kalender akademik STT Aletheia. Setelah menyelesaikan tugas-tugasnya, seluruh mahasiswa/i yang telah memenuhi persyaratan kelulusan menantikan hari yang paling bersejarah dalam perjalanan akademik serta pengalaman praktik lapangan mereka. Bulan Agustus merupakan momen sakral, baik bagi para mahasiswa/i maupun pihak kampus STT Aletheia untuk melangsungkan upacara wisuda.

Momen wisuda ke-47 dan ke-48 kali ini diselenggarakan secara daring. Hal ini berkaitan dengan diberlakukannya PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) Darurat oleh pemerintah akibat semakin tingginya kasus penularan yang berdampak pada peningkatan jumlah korban jiwa karena virus korona. Akan tetapi, perhelatan acara wisuda yang diadakan pada hari Jumat, 13 Agustus 2021, pukul 10.00 WIB hingga selesai tetap meriah dan lancar. Acara tersebut juga diikuti secara antusias oleh seluruh dosen, wisudawan/wati dan orang tua/wali, perwakilan dari badan pengurus sinode GKT. Ratusan tamu dan undangan dari berbagai denominasi gereja, perwakilan dari badan-badan misi dalam dan luar negeri turut menyaksikan secara langsung melalui kanal youtube STT Aletheia. Hingga saat ini acara tersebut telah disaksikan ribuan orang. 

Sebagai pemimpin/liturgos acara wisuda ke-47 dan ke-48 ini adalah Pdt. Linus Baito, M.Th. dan sebagai penyampai renungan adalah Pdt. Amos Winarto, Ph.D yang mengambil tema Between Scylla and Charybdis: Mapping Theological Education in the New Normal dengan nats Alkitab di 2 Timotius 2:24-25. Dalam renungannya, Pdt. Amos menyampaikan bahwa mitos Scylla dan Charybdis dipakai untuk menggambarkan dua bahaya dalam pendidikan teologi yang harus diwaspadai secara bersamaan. Scylla pendidikan teologi adalah bahaya intelektualisme, dan Charybdisnya adalah bahaya sentimentalisme. Lebih lanjut, beliau mengatakan bahwa Aletheia akan dimakan oleh monster Scylla ketika proses pendidikan teologinya bermanifestasi sebagai budaya keahlian. Budaya ini mendewakan kekuatan know-how (kecerdasan dan keterampilan). Sedangkan dalam 2 Timotius 2:24, Paulus tidak meminta Timotius untuk menjadi ahli dalam mengajar tetapi sebaliknya ia hanya memintanya untuk mampu mengajar. Bukan keahlian yang diperlukan, melainkan kemampuan. Alih-alih budaya keahlian, Aletheia harus mempromosikan budaya pembelajaran, yaitu budaya pembelajaran yang diterangi oleh Alkitab (biblically informed learning).

Daftar wisudawan/ti angkatan ke-47 dan ke-48 adalah sebagai berikut:

Prodi Pascasarjana Magister Teologi:

  1. Elvira Juli Yanti Zendrato
  2. Ernawati
  3. Hendra Stiya Budi
  4. Januar Hadi
  5. Natalia Maria Magdalena
  6. Yan Domu Marahongu
  7. Yohanes Setiawan

Prodi Sarjana Teologi:

  1. Andi Shalom Biha
  2. Andy Setiabudi
  3. Christian Nugroho
  4. Dicky Chandra
  5. Elwind Septyono
  6. Esti Setiasih
  7. Ezra Jitro Sia Nomseo
  8. Ferro
  9. Frengky Semuel Mbura
  10. Friska Br Bukit
  11. Ganda Pattun Doloksaribu
  12. Hilda Kartika Sari
  13. Hilkia Enggal Prenada
  14. Indra Sandarawati Balang
  15. Jerry Kurniawan
  16. Melisa Mewani Lassa
  17. Merlin Maisal
  18. Nanik Tri Rahayu
  19. Nathania Lyanti Handoyo
  20. Nora
  21. Priskila
  22. Rinto
  23. Robertho Sandersen Leonardy
  24. Suhendro Njoto
  25. Theodorosalia Wijaya
  26. Timotius Reynaldi
  27. William Sinatra
  28. Yunica Fitri Ani
  29. Yurningsih Zebua

Bersamaan dengan momen tersebut, juga dilaksanakan acara penandatanganan perpanjangan jabatan ketua STT Aletheia Lawang yang selama ini dijabat oleh Pdt. Dr. Agung Gunawan, Th.M. terhitung mulai 16 Agustus 2021 hingga 15 Agustus 2022. Penandatanganan dilakukan oleh Pdt. Kornelius A. Setiawan, D.Th. selaku ketua Sinode Gereja Kristus Tuhan (GKT) yang disaksikan secara langsung oleh seluruh wisudawan/wati beserta hadirin secara daring.

Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang turut mendukung baik secara langsung maupun tidak langsung, sehingga upacara wisuda kali ini dapat terlaksana. Marilah kita saling mendukung, mendoakan dan bergandengan tangan agar pekerjaan Tuhan semakin diperluas, serta berdampak bagi Indonesia tercinta; di dalam dan melalui para alumni STT Aletheia. Soli Deo Gloria.

Posted on 17 August 2021



Pembukaan Semester Gasal 2021-2022

Puji Tuhan bahwasannya STT Aletheia Lawang telah mengadakan ibadah Pembukaan Semester Gasal 2021-2022 di auditorium Sola Gratia secara hybird yang berarti ibadah dilakukan secara luring yang diikuti oleh dosen dan mahasiswa yang tinggal di dalam kampus dan secara daring yang diikuti oleh mahasiswa yang tinggal di luar kampus.

Ibadah Pembukaan Semester Gasal 2021-2022 dipimpin oleh Pdt. Sia Kok Sin, D.Th. dan sebagai penyampai renungan adalah Ev. Tjiauw Thuan alias Hali, Ph.D. yang dalam renungannya, beliau mengutip tentang kisah Daud yang ditegur oleh Nabi Natan karena pelanggaran dosa Daud. Dalam kaitannya dengan tema tahun 2021, yaitu Dare to be a Spiritual Shepherd, beliau menggarisbawahi tokoh Nabi Natan berani menegur seorang Raja Daud yang tidak disiplin terhadap kehendak Tuhan dengan melakukan dosa, yang mana seharusnya Daud menjadi contoh teladan yang baik bagi bangsa Israel.

Dalam kesempatan tersebut, turut memberikan sambutan Ibu Irene Jesica dari GKT Kanaan Kediri yang mewakili Departemen Pendidikan Sinode GKT dan Bpk. Hadi Sugianto dari GKT Hosana Bumi Permai Surabaya yang mewakili BP Sinode GKT. Dalam sambutannya, Ibu Irene memberikan pesan 5S yaitu Senyum, Salam, Sapa, Sopan, dan Santun bagi seluruh mahasiswa dan tetap semangat dalam melayani Tuhan di tengah pandemi. Sementara, Bpk. Pdt. Hadi banyak menyoroti tentang perkembangan kualitas lulusan yang diimbangi dengan penambahan tenaga pengajar baru yang berkualitas dan pengutusan studi bagi dosen agar makin meningkatkan mutu pengajar di STT Aletheia.

Di akhir acara, sebelum penampilan paduan suara mahasiswa baru, Bpk. Pdt. Dr. Agung Gunawan selaku Ketua STT Aletheia memperkenalkan para mahasiswa baru dari Program Studi Sarjana Teologi dan Magister Teologi sekaligus memperkenalkan Bpk. Ev. Tjiauw Thuan alias Hali, Ph.D. sebagai dosen baru STT Aletheia Lawang dan pengutusan Bpk. Pdt. Gumulya Djuharto, Th.M. untuk studi lanjut di STFT Jakarta.

Selamat memasuki semester gasal 2021-2022. Tuhan Yesus memberkati.

Posted on 09 August 2021