BERITA DAN ACARA

 

Mission Trip GKT Kediri

Sebagai salah satu implementasi kerja sama (MoU) antara STT Aletheia dan Sinode Gereja Kristus Tuhan (GKT) adalah dengan bekerja sama dalam pelayanan Mission Trip ke GKT Kanaan Kediri dalam Ibadah Hari Raya Imlek 2024. Kerja sama Mission Trip yang diadakan pada hari Minggu, 18 Februari 2024, pkl. 16.00 wib – selesai ini adalah dengan GKT Hosana Surabaya yang dipimpin oleh Pdt. Andry S. Ligawan, M.Th.

Ibadah Perayaan Imlek 2024 ini dibuka dengan ucapan selamat tahun baru “He Xin Nian” oleh Pdt. Irene Yessica dan berikut ini adalah daftar puji-pujian yang dibawakan, antara lain:

  • Paduan Suara Zion (GKT Hosana Surabaya) dan mahasiswa STT Aletheia yang menampilkan lagu berjudul: “Give Me the Answer Time for You Who Doubt”, “Dao Lu (Yohanes 14:6)”, “Sheng Ming Zhong De Yun Chai”, dan “Blessing of God be Upon Us”.
  • Tari-tarian dengan judul lagu “You Yu Wei Shen”, Puisi Pengharapan, dan pantomim dengan judul “Bunga Kehidupan”
  • Vokal Grup STT Aletheia yang menampilkan lagu berjudul: “Amazing Grace”,

Melayani sebagai penceramah bagi jemaat yang hadir adalah Pdt. Andry S. Ligawan yang mengatakan bahwa tradisi imlek hendaknya menjadi satu pijakan untuk selalu bersyukur kepada Tuhan atas penyertaan-Nya sepanjang tahun ini dan ke depannya.

Kiranya melalui kegiatan-kegiatan bersama ini, STT Aletheia makin diberkati Tuhan dan kebenaran firman Tuhan makin dinyatakan. Soli deo gloria.

Posted on 21 February 2024



Ujian Tesis Bildath Imanuel Bili

Kisah Zakheus seorang kepala pemungut cukai hanya terdapat dalam Injil Lukas tepatnya di Lukas 19:1-10 dan menjadi tokoh utama dalam topik yang diangkat oleh Bpk. Bildath Imanuel Bili (NIM: 06.074.20) dengan judul tesis: Memahami Kisah Zakheus Dalam Lukas 19:1-10 Berdasarkan Teori Identitas Sosial.

Pada waktu itu, pemungut cukai sangat dibenci oleh orang – orang Yahudi terutama para Ahli Taurat dan orang orang Farisi, karena para pemungut cukai bekerja sama dengan pemerintah Romawi untuk memungut pajak kepada orang-orang Yahudi. Kejamnya pajak yang diterapkan membuat banyak masyarakat Yahudi miskin dan menderita. Kebencian tersebut semakin parah karena Zakheus adalah orang Yahudi asli yang memungut pajak kepada kaumnya sendiri sehingga hal tersebut dianggap sebagai penghianatan kepada bangsa sendiri. Oleh karena itu, Zakheus mengalami diskriminasi dengan julukan “orang berdosa” dari orang sebangsanya.

Ujian Tesis yang diadakan secara daring melalui kanal zoom meeting pada hari Kamis, 15 Februari 2024, pkl. 19.00 wib – selesai dipimpin oleh Bpk. Tjiauw Thuan Alias Hali, Ph.D. Adapun dosen penguji dalam kegiatan ini antara lain:

  1. Pdt. Kornelius A. Setiawan, D.Th. sebagai Pembimbing Tesis
  2. Pdt. Amos Winarto, Ph.D. sebagai Dosen Penguji I
  3. Pdt. Dr. Theol. Agus Santoso sebagai Dosen Penguji II

Ujian Tesis Daring tersebut berjalan dengan dinamis dan lancar terutama ketika sesi tanya jawab dan masukan dari dosen penguji berlangsung. Masukan dosen penguji sangat dibutuhkan agar naskah tesis yang telah disusun menjadi makin tajam dan dapat memberkati semua pembacanya.

Selamat untuk keberhasilan Bpk. Bildath. Tuhan Yesus memberkati.

Posted on 16 February 2024



Ibadah Syukur HUT Aletheia 2024

Puji Tuhan atas penyertaan-Nya hingga di tahun 2024 ini, STT Aletheia telah genap berusia 55 tahun. Sebuah masa yang penuh berkat dan bukti penyertaan Tuhan. Masa-masa pembentukan dan perkembangan kampus dari awal pembentukan hingga sekarang diulas oleh Pdt. Kornelius A. Setiawan, D.Th. sebagai mantan Ketua STT Aletheia dalam khotbah Ibadah Syukur Anniversary STT Aletheia ke-55 di Auditorium Sola Gratia.

Dalam khotbahnya, beliau menceritakan perjalanan sejarah STT Aletheia yang digagas dan dimotori oleh orang-orang yang bersemangat rindu melayani Tuhan. Dan siapapun yang dengan tekun dan setia mengikuti Tuhan pasti akan mendapatkan pemeliharaan dan penyertaan-Nya sekalipun melewati kesulitan dan kesukaran dalam hidup ini.

Tema khotbah “Tuhan yang Memberkati, Tuhan yang Memelihara” dan nats yang beliau ambil dari Mazmur 23:1-8 memberikan teladan kepada kita untuk selalu:

  1. Bersyukur karena Tuhan memimpin hidup kita (Mzm. 23:1)
  2. Bersyukur karena Tuhan yang mencukupi kebutuhan hidup kita (Mzm. 2-3)
  3. Bersyukur karena Tuhan memelihara hidup kita hari ini & selama2nya (Mzm. 4-6)

Ibadah Syukur ulang tahun ke-55 kali ini dipimpin oleh Sdri. Adinda Natalia Chrystanti dan diiringi oleh tim musik yang dipimpin oleh Ev. Yunus Sutandio, M.C.M. Dan dihadiri oleh seluruh mahasiswa baik yang offline maupun yang on-line, keluarga Alm. Pdt. Alfius Areng Mutak, Ed.D., BPH Sinode serta perwakilan dari Departemen Pendidikan Theologia Sinode GKT yang dalam kesempatan itu juga dilangsungkan tribute/penghargaan kepada Alm. Pdt. Alfius Areng Mutak, Ed.D. yang telah 32 tahun setia mendedikasikan hidupnya melayani sebagai pengajar di STT Aletheia. Penghargaan diberikan langsung oleh perwakilan dari BPH Sinode GKT dan juga penyerahan buku yang khusus diterbitkan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) STT Aletheia dengan judul Soulful Scholar yang berisi tulisan mendiang Pdt. Areng dan beberapa tulisan khusus beberapa dosen untuk mengenang pelayanan mendiang. Segala pujian hanya bagi Tuhan. Soli Deo Gloria

Posted on 13 February 2024