BERITA DAN ACARA

 

Resital Solo 2021

Dengan ucapan syukur kepada Tuhan Yesus, Program Studi Sarjana Teologi Konsentrasi Musik Gereja telah mengadakan acara Resital Solo untuk 2 orang mahasiswanya, yaitu sdr. Timoti Kurniawan (Piano), dan sdri. Elizabeth Catherina Febrianto (Soprano). Resital Solo merupakan acara wajib sebagai salah satu syarat kelulusan mahasiswa dari Prodi S.Th. Kons. Musik Gereja.

Resital solo diadakan pada hari Jumat, 19 November 2021, pkl. 19.00 wib – selesai di Auditorium Sola Gratia STT Aletheia Lawang yang disaksikan oleh dosen, mahasiswa, orang tua resitalis, dan disiarkan secara langsung lewat kanal youtube di sini

Kedua resitalis menghadirkan kembali beberapa gubahan lagu klasik dari era tempo dulu, seperti misalnya Prelude, from Suite in D Minor HWV. 437, No. 1 karya George Frideric Handel (1685-1759), Prelude, Op. 28 No. 4, in E Minor karya Frederic Chopin (1810-1849), From Magnificat Aria: Quia Respexit karya Johann Sebastian Bach (1685–1750), From Messiah Rejoice Greatly, O Daughter of Zion karya George Frideric Handel (1685-1759) dan beberapa lagu klasik lainnya.

Program Studi Sarjana Teologi Konsentrasi Musik Gereja telah sering menyelenggarakan Resital Solo bagi mahasiswanya dan menjadi bukti kualitas lulusan dari Program Studi Sarjana Teologi Konsentrasi Musik Gereja STT Aletheia Lawang. Di samping mahasiswa dibekali dengan ilmu teologi, juga diperlengkapi dengan cara bermain musik, dan cara melatih vokal dengan sangat baik. Tentu saja hal ini tidak dengan mudah dilakukan. Oleh karena itu, Program Studi Sarjana Teologi Konsentrasi Musik Gereja juga memilih dosen musik yang berkualitas dan rohani yang baik agar bisa menghasilkan mahasiswa yang berintegritas bagi pelayanan di gereja nantinya.

Kiranya melalui Resital Solo ini, nama Tuhan boleh dimuliakan. Soli deo Gloria!

 

Posted on 24 November 2021



Webinar: Merdeka Menulis Teologi

Bagian kemahasiswaan STT Aletheia bekerjasama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) STT Aletheia mengadakan Webinar dengan tema Merdeka Menulis Teologi  yang diikuti oleh 28 peserta perwakilan dari anggota PERSETIA dan PERMASTI. Webinar sendiri diadakan dalam 2 hari, yaitu:

1. Jumat, 05 November 2021 dengan sub tema Meneropong Plagiarisme dan Metodologi dalam Berteologi.
Pembicara: Pdt. Amos Winarto, Ph.D. Beliau adalah salah satu dosen tetap dan juga menjabat sebagai wakil ketua III Bidang Kemahasiswaan STT Aletheia Lawang.
2. Sabtu, 06 November 2021 dengan sub tema Tips Menulis Karya Teologi dan Tanya Jawab.
Pembicara: Bapak Paulus Eko Kristianto. Beliau mahasiswa Doktoral Ilmu Teologi F.Th. UKDW Yogyakarta.

Dalam plagiarisme, Pdt. Amos mengatakan bahwa itu termasuk dalam tindakan dis-integritas akademis bahkan bisa menjadi komoditas ekonomi di mana plagiarisme dilakukan dengan membayar orang lain menulis karya akademis orisinal untuk kepentingan pribadi (“mencuri ide orisinal).

Lebih lanjut, beliau dalam bab lain menekankan bahwa metodologi dalam berteologi merupakan Tindakan untuk menjelaskan iman Kristen dengan bertanggung jawab sesuai standar Tuhan yang menyatakan diri-Nya dan bukan usaha untuk membuktikan secara empiris iman Kristen sesuai standar ilmu empiris/yang kelihatan.

Sedangkan bpk. Paulus dalam makalahnya menyampaikan bahwa terdapat banyak bidang ilmu teologi seperti biblika, teologi umum, historika, etika, sistematika, dan praktika sehingga perlu adanya sikap memahami dan menerima kemajemukan bidang ilmu teologi tersebut. Beliau juga menyampaikan bahwa untuk menjadi seorang penulis artikel teologi, perlu menyesuaikan diri dengan minat dan pergumulan terhadap konteks, berefleksi terhadap konteks, juga perlu adanya sikap membangun kebiasaan membaca dan menulis. Jadi menulis artikel teologi tidak perlu menunggu jadi ahli, tetapi berproses menjadi ahli.

Melalui webinar ini diharapkan agar peserta webinar mendapat suntikan semangat baru untuk menulis artikel teologi dengan tema-tema baru yang sesuai konteks zaman ini dan menjadi panduan bagi jemaat umum terkait kasus tertentu. Dan untuk selanjutnya, hasil tulisan dari peserta webinar ini akan dibuatkan buku yang berjudul Bunga Rampai Merdeka Menulis, Merdeka Memberkati: Para Mahasiswa Teologi Menulis untuk Memberkati Gereja yang akan diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) STT Aletheia.

Kiranya melalui webinar ini, peserta dapat mengembangkan kejujuran dalam pelayanan dan keterampilan menulis dalam berteologi supaya para mahasiswa teologi dapat menjadi berkat dalam pelayanan gerejawi. Segala kemuliaan hanya bagi Tuhan.

Posted on 19 November 2021



Perpanjangan Izin Penyelenggara Sarjana Teologi

Program Studi Sarjana Teologi STT Aletheia telah menyambut dan menyelesaikan proses Perpanjangan Izin Penyelenggara dari Kementerian Agama RI Dirjen Bimas Kristen Jakarta yang dihadiri oleh seluruh dosen STT Aletheia dan staf STT Aletheia Lawang.

Adapun tim visitasi Bimas Kristen Jakarta tersebut adalah

1. Ibu Eko Rinuktiningsih sebagai Kasi Ketenagaan dan Kemahasiswaan subdit Pendidikan Tinggi Bimas Kristen

2. Ibu Edelena Manullang sebagai Arsiparis Ahli Muda Bimas Kristen

Visitasi dilaksanakan pada hari Sabtu, 06 November 2021, pkl. 11.00 wib - selesai di ruang Paulus. Pelaksanaan visitasi berjalan dengan lancar dengan pemeriksaan dokumen-dokumen pendukung yang memang telah disiapkan, dan tetap menjalankan protokol kesehatan yang berlaku.

Dalam kegiatan tersebut, tim visitasi dari Bimas Kristen banyak memberikan masukan-masukan yang berguna dalam pengembangan kampus ke depannya agar semakin berkualitas. Soli Deo Gloria.....



Posted on 08 November 2021