BERITA DAN ACARA

 

Pengutusan Studi Lanjut Dosen

Upgrading kualifikasi dosen sangatlah penting dalam peningkatan kualitas sebuah lembaga Pendidikan tinggi. Selain dapat meningkatkan nilai akreditasi sekolah, upgrading kualifikasi dosen juga akan meningkatkan kualitas pengajaran dan penelitian. Karena itu, pada hari Selasa, 27 September 2022, pkl. 09.20 wib di auditorium Sola Gratia bersamaan dengan dilangsungkannya ibadah Chapel Selasa, STT Aletheia mendukung dan mengutus dua dosen, yaitu Pdt. Linus Baito, M.Th. dan Brury Eko Saputra, M.Th. untuk studi lanjut.


Pdt. Linus akan melanjutkan studi doktoral (S3) system sandwich di STFT Jakarta dan The Protestantse Theologische Universiteit (PThU) Groningen, Netherlands mulai Agustus 2021 sampai dengan Agustus 2024, Sementara Bpk. Brury akan melanjutkan studi Doktoral (S3) di VID Specialized University di Stavanger, Norwegia mulai September 2022 sampai dengan Agustus 2025.


Ibadah Chapel Selasa kali ini dipimpin oleh Ev. Yunus Sutandio, M.C.M sebagai penyampai firman, dan Sdri. Chrityana Elizabeth Huwae sebagai liturgos. Sedangkan acara Doa Pengutusan Studi Lanjut langsung dipimpin oleh Ketua STT Aletheia yaitu Pdt. Amos Winarto, Ph.D. dan selain dihadiri oleh seluruh mahasiswa baik daring atau luring, juga dihadiri oleh perwakilan dari Departemen Pendidikan Theologia Sinode GKT, yaitu Bpk. Harjono Liman, dan Bpk. Lukman Santoso. Soli Deo Gloria!

Posted on 01 October 2022



Persekutuan Mahasiswa Prodi Magister Teologi 19 September 2022

Persekutuan dengan sesama tubuh Kristus adalah refleksi dari hubungan kita dengan Kristus. Melalui persekutuan tindakan kasih kita diwujudkan. Menyadari akan pentingnya persekutuan, maka Prodi Pasca Sarjana Magister Teologi STT Aletheia mengadakan persekutuan antar sesama mahasiswa magister teologi melalui zoom meeting pada hari Senin, 19 September 2022, pukul 13.00 WIB.

Postur perkuliahan Prodi Pasca Sarjana Magister Teologi yang selama ini daring menjadikan kurangnya komunikasi antar mahasiswa dan dosen atau antar sesama mahasiswa. Untuk mengatasi kekurangan tersebut, maka diadakanlah persekutuan mahasiswa prodi M.Th. agar dapat menjadi wadah saling bertukar informasi dan saling menguatkan serta membantu kesulitan antar mahasiswa dan dosen.

Kali ini, Pdt. Dr. Sia memberikan dorongan agar mahasiswa magister menulis artikel di jurnal terakreditasi nasional minimal Sinta 2 seperti yang disyaratkan oleh Dikti tentang karya tulis bagi mahasiswa pasca sarjana, bagus lagi kalau bisa tembus jurnal scopus yang diakui secara internasional. Sinta adalah singkatan dari Science and Technology Index merupakan indeks tingkatan pengakuan akreditasi jurnal dan semakin kecil nilainya maka jurnal tersebut makin diakui. Diambil dari laman kemendikbud https://sinta.kemdikbud.go.id/journals?q=teologi saat ini yang diakui sebagai jurnal Sinta 2 antara lain: Jurnal DUNAMIS (Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristiani), Jurnal KURIOS (Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen), Jurnal Jaffray: Sekolah Tinggi Teologi Jaffray, dan Gema Teologika: Jurnal Teologi Kontekstual dan Filsafat Keilahian (Fakultas Teologi Universitas Kristen Duta Wacana).

Tujuan dari menulis artikel di jurnal terakreditasi selain agar memudahkan kepengurusan Beban Kerja Dosen dan pengajuan kenaikan pangkat jabatan fungsional dosen, juga karena salah satu pra syarat kelulusan mahasiswa pasca sarjana harus ada bukti penulisan ilmiah di jurnal terakreditasi tersebut (meskipun hal ini baru akan diterapkan kampus di semester mendatang).

Untuk mendukung program penulisan artikel di jurnal terakreditasi tersebut, Prodi Pasca Sarjana Magister Teologi STT Aletheia akan menyelenggarakan zoominar yang bertema Pelatihan Penulisan Artikel Jurnal Terakreditasi dengan nara sumber yaitu Pdt. Dr. Andreas Hauw dari STT SAAT Malang pada hari Senin, 31 Oktober 2022.


Posted on 24 September 2022



Malam Kesaksian Perfect Sinner

Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) STT Aletheia Lawang telah mengadakan Malam Kesaksian dengan tema Perfect Sinner bagi 4 orang mahasiswa tingkat I dan ini merupakan pelaksanaan kesaksian yang pertama dari semester ini yang dipimpin oleh Sdr. Joshua Tedjo. Malam Kesaksian tersebut dilakukan secara hybrid (luring dan daring) pada hari Kamis, 15 September 2022, pkl. 19.05 WIB – selesai. Secara luring, acara dipusatkan di Ruang Getsemani dan secara daring dengan menggunakan aplikasi zoom meeting.

Kesaksian pribadi merupakan hal yang penting bagi mahasiswa/i dalam perjalanan pembentukan di seminari. Melalui kesaksian pribadi yang disaksikan kepada komunitas STT Aletheia, mahasiswa/i akan mendapatkan support dari komunitas yang dapat saling menguatkan dan menopang. Selain itu, kesaksian pribadi dapat memotivasi mahasiswa/i untuk mengubah diri mereka, sehingga mereka siap terjun dalam ladang pelayanan.

Malam Kesaksian ini dihadiri oleh seluruh mahasiswa secara luring di Ruang Getsemani dan oleh bapak dan ibu dosen STT Aletheia Lawang, terutama oleh Ev. Ali Salim, Th.M. (Waket III Bidang Kemahasiswaan), Ev. Yunus Sutandio Th.M. (Waket II Bidang Administrasi dan Umum), Ev. Tjiauw Thuan Alias Hali Ph.D. (Waket I Bidang Akademik), Ev. Hendry Bunarta (Bapak Asrama), Ev. Liu Wisda (Ketua Prodi S.Th. & Ibu Asrama), Ibu Mega (istri Ev. Ali Salim), dan Ibu Jovita (istri Ev.Tjiauw Thuan Alias Hali). Malam Kesaksian ini ditutup dengan doa untuk Mahasiswa tingkat I yang telah bersaksi oleh Ev. Ali Salim Th. M. Segala puji bagi Yesus. Haleluya.


Posted on 24 September 2022