BERITA DAN ACARA

 

Ibadah Pembukaan Semester Genap 2021-2022

Memasuki semester baru di bulan baru dan tahun yang baru, dengan penuh ucapan syukur atas penyertaan Tuhan di semester lalu, STT Aletheia mengadakan Ibadah Pembukaan Semester Genap 2021-2022.  

Ibadah Pembukaan Semester Genap 2021-2022 diadakan di Auditorium Sola Gratia pada hari Jumat, 14 Januari 2022, pkl. 10.00 wib – selesai tetap secara hybrid yang artinya mahasiswa yang tinggal di asrama mengikuti secara luring dan mahasiswa yang tinggal di luar kampus mengikuti secara daring melalui aplikasi zoom meeting.

Ibadah dipimpin oleh Pdt. Alfius A. Mutak, Ed.D dan pengiring musik oleh Ibu Susan dan Sdr. Mikhael. Sebagai pembawa renungan adalah Pdt. Dr. Agung Gunawan, Th.M. yang mengambil tema Dare to be A Faitful Shepherd dengan nats Alkitab dari Matius 25: 14-30.

Dalam renungannya, Pdt. Agung memberikan 2 kriteria seorang hamba yang setia, yaitu:

1. Inovatif (ay. 14-20)

  • Berpikir dan memiliki terobosan baru
  • Menangkap kesempatan

2. Komitmen (ay. 21-30)

  • Berintegritas (dapat dipercaya)
  • Layak dipercaya

Di kesempatan itu, Bpk. Tjiauw Thuan Alias Hali, Ph.D. sebagai Plt. Wakil Ketua I bidang Akademik juga memberikan beberapa pengumuman, antara lain tentang mahasiswa baru Prodi Magister Teologi.

Adapun nama mahasiswa baru Prodi Magister Teologi 2021-2022 adalah sebagai berikut:

    • Pdt. Alex Gunawan dari GKA Gloria Surabaya
    • Pdt. Sebastianus Purnama dari GBI Tubuh Kristus Malang

      Kiranya Tuhan Yesus memberkati pelayanan kita Bersama. Soli deo gloria.


      Posted on 17 January 2022



      Bakti Sosial Korban Erupsi Semeru

      Pengabdian Kepada Masyarakat merupakan satu standar yang diwajibkan oleh Badan Akreditasi Nasional sebagai peran serta aktif institusi terhadap permasalahan lingkungan sekitarnya. Di samping tujuan tersebut, berbagi kasih kepada warga terdampak bencana juga adalah salah satu perintah dari Tuhan. Oleh karena itu, maka pada hari Senin, 27 Desember 2021, beberapa mahasiswa beserta Ev. Yunus Sutandio bekerja sama dengan Malang Peace Community (relawan korban erupsi Semeru) mengadakan acara Trauma Healing untuk anak-anak SDN Oro-Oro Ombo di Kec. Pronojiwo Lumajang sekaligus memberikan bantuan makanan ringan, berbagai hadiah untuk anak-anak tersebut, dan ke warga desa terdampak erupsi Semeru di daerah Supit Urang berupa sepatu booth dan timba.

      Erupsi Semeru yang terjadi pada hari Sabtu, 4 Desember 2021 mengakibatkan banyak warga yang kehilangan kerabat, harta benda, dan hewan ternak yang dipelihara. Bencana gunung Semeru ini juga menyebabkan lahar dingin yang menyebabkan salah satu jembatan utama menjadi putus dan menghambat penyaluran bantuan untuk warga terdampak erupsi.

      Melalui acara Trauma Healing yang diadakan, diharapkan dapat mengurangi beban psikologis anak-anak terdampak erupsi dan mampu bangkit kembali untuk menata masa depan mereka. Kiranya pelayanan ini menjadi berkat bagi anak-anak dan warga yang terdampak erupsi gunung Semeru. Soli deo gloria.

      Posted on 04 January 2022



      Ibadah Penutupan Semester Gasal 2021-2022 dan Perayaan Natal Keluarga Besar STT Aletheia

      Di penghujung tahun, tepatnya pada hari Jumat, 10 Desember 2021, pkl. 16.00 wib – selesai, STT Aletheia telah mengadakan Ibadah Penutupan Semester Gasal 2021-2022 dan Perayaan Natal Keluarga Besar STT Aletheia. yang diselenggarakan secara hybrid, yaitu luring bagi mahasiswa yang tinggal di asrama dan live streaming di sini bagi mahasiswa yang tinggal di luar kampus.

       Ibadah Penutupan Semester Gasal 2021-2022 dan Perayaan Natal Keluarga Besar STT Aletheia kali ini dibuka dengan penampilan solo dari mahasiswi Sarjana Teologi konsentrasi Musik Gereja yaitu Sdri. Belibi Tsavanti Kezia Wibowo yang membawakan lagu pra ibadah yang berjudul Hai Betlehem Kota Kecil dengan iringan gitar akustik oleh Sdr. Joveren Junior. Juga ada penampilan Sdri. Dila Gloria Koliham sebagai pembaca narasi Ibadah Penutupan Semester Gasal 2021-2022 dan Perayaan Natal Keluarga Besar STT Aletheia.

      Tema renungan disampaikan oleh Ketua Prodi Sarjana Teologi, Ibu Ev. Liu Wisda yang berjudul Breaking Through the Darkness mengupas nats Alkitab Matius 4: 12-16 terfokus pada tokoh Matius penulis Injil Matius yang sedikit sekali disebutkan namanya di Alkitab. Beda dengan tokoh Paulus dan Petrus yang banyak disebutkan namanya di sepanjang Perjanjian Baru. Akan tetapi, Matius dengan caranya sendiri mencoba memberikan pengharapan dan penghiburan sejati melalui tulisan tentang biografi Yesus di tengah kondisi kegelapan yang menyelimuti dunia saat itu.

      Melalui renungan yang disampaikan, Ibu Wisda mengajak kita sebagai umat yang mengenal kebenaran Tuhan untuk meneladani Matius sebagai orang yang  memberitakan terang di tengah kegelapan dunia ini, terutama di momen natal tahun ini di mana pandemi covid 19 masih meraja lela dan memupus pengharapan banyak manusia.

      Ibadah Penutupan Semester Gasal 2021-2022 dan Perayaan Natal Keluarga Besar STT Aletheia juga menampilkan prestasi dosen dan mahasiswa sepanjang semester ini di tengah keterbatasan akibat pandemi covid 19. Akhirnya, kita patut bersyukur  kepada Tuhan atas penyertaan-Nya melewati pandemic covid 19 di tahun ini dan bisa merayakan Natal 2021. Segala kemuliaan hanya bagi Tuhan.

      Posted on 13 December 2021