BERITA DAN ACARA

 

Yudisium 2021

Dengan bangga STT Aletheia mengadakan acara Yudisium bagi para wisudawan 2021 secara daring pada hari Selasa, 03 Agustus 2021, pkl. 09.00 wib - selesai. Acara Yudisium diikuti oleh seluruh dosen STT Aletheia dan seluruh wisudawan 2021.

Yudisium dipimpin oleh Ibu Ev. Liu Wisda, Th.M. selaku Kaprodi Sarjana Teologi dan dilanjutkan pembacaan keputusan yudisium bagi wisudawan 2021 oleh Bpk. Brury Eko Saputra, Th.M. selaku Wakil Ketua I bidang Akademik sekaligus mengumumkan wisudawan terbaik tahun 2021 ini, yaitu Sdr. Andy Setiabudi (Sarjana Teologi) dan Bpk. Hendra Stiya Budi (Magister Teologi).

Adapun daftar wisudawan yang mengikuti yudisium kali ini adalah sebagai berikut:

Magister Teologi:

  1. Hendra Stiya Budi
  2. Januar Hadi
  3. Yan Domu Marahongu
  4. Yohanes Setiawan

Sarjana Teologi:

  1. Andy Setiabudi
  2. Esti Setiasih
  3. Ezra Jitro Sia Nomseo
  4. Ferro
  5. Frengky Semuel Mbura
  6. Ganda Pattun Doloksaribu
  7. Hilkia Enggal Prenada
  8. Merlin Maisal
  9. Nanik Tri Rahayu
  10. Nathania Lyanti Handoyo
  11. Nora
  12. Priskila
  13. Robertho Sandersen Leonardy
  14. Suhendro Njoto
  15. Theodorosalia Wijaya
  16. Timotius Reynaldi
  17. William Sinatra
  18. Yunica Fitri Ani

 Selamat dan sukses bagi para wisudawan yang telah ditetapkan secara resmi kelulusannya di tahun 2021 dan akan mengikuti wisuda secara daring pada hari Jumat, 13 Agustus 2021, pkl. 10.00 wib - selesai. Juga selamat bagi wisudawan terbaik tahun 2021 ini. Soli Deo Gloria.

Posted on 03 August 2021



Seminar Youth Ministry: Mendekatkan yang Jauh

“Mendekatkan yang Jauh” menjadi pilihan tema bagi mahasiswa yang tergabung dalam kelompok Youth Ministry. Kelompok Youth Ministry merupakan salah satu bagian kelompok yang dibentuk untuk melatih dan memberikan pengalaman bagi mahasiswa dalam bidang pelayanan secara daring dalam wadah Digital Ministry. Digital Ministry sendiri merupakan kegiatan mahasiswa STT Aletheia sebagai pengganti dari pelayanan praktik 2 bulan yang ditiadakan karena pandemi covid 19. Kelompok Youth Ministry dibimbing oleh 2 orang dosen STT Aletheia yaitu Bpk. Pdt. Linus Baito, M.Th. dan Bpk. Pdt. Alfius Areng Mutak, Ed.D.

Acara seminar ini telah selesai diselenggarakan pada 06 Juli 2021 dan diadakan secara daring yang diikuti oleh dosen, mahasiswa, alumni dan kaum muda dari berbagai denominasi gereja. Seminar dipimpin oleh Sdri. Kezia Ivanna Maramis dengan mengangkat tema Mendekatkan yang Jauh yang diambil dari nats Alkitab, yaitu dalam kitab Yakobus 4:8a dan kitab Mazmur 34:19a

Tak jarang setiap manusia terutama orang percaya meragukan kehadiran Tuhan di dalam hidupnya dan menganggap Tuhan itu jauh. Tuhan tidak jauh tetapi pikiran kita yang terlalu sempit. Mengapa sempit? Karena kita tidak pernah mencoba untuk mengubah arah pikiran kita kepada hal yang luar biasa. Kita hidup untuk memilih. Ketika kita memilih pikiran kita menganggap Tuhan itu jauh, maka seterusnya kita tidak bisa memikirkan bahwa sesungguhnya Tuhan itu dekat. Tetapi ketika kita memilih untuk memiliki pikiran yang menganggap Tuhan itu dekat, maka seterusnya, tidak hanya di pikiran tetapi di hati kita juga bisa terus menganggap Tuhan itu dekat. Ketika kita melakukan itu, kita juga harus mengubah pola pikir kita yang negatif menjadi positif. Setelah itu, kita juga harus menjaga relasi kita dengan sesama kita dan jangan pernah buat jarak atau batasan ketika kita sudah jauh. Berusahalah untuk selalu mendekatkan diri kepada Tuhan dan sesama.

Jarak bukan masalah, karena yang jauh akan selalu terlihat dekat jika kita menganggap itu berharga. 

Tujuan acara ini diselenggarakan adalah ingin menyatukan pemuda/i gereja dari berbagai denominasi gereja untuk menjadi satu atau mendekatkan yang jauh lewat media zoom dan youtube dengan bentuk persekutuan dan Pendalaman Alkitab.

Soli Deo Gloria.

Posted on 29 July 2021



Kuliah Padat Isu-isu Kontemporer Studi Biblika 2021

Topik pengusiran roh-roh jahat (Eksorsisme) menjadi pokok bahasan yang sangat dicari dan diperdebatkan karena keunikannya apalagi jika dihubungkan dengan kondisi sekarang ini yang banyak beredar kabar bohong tentang covid 19 merupakan salah satu perbuatan roh jahat. Bertolak dari hal-hal inilah, maka Program Studi Pasca Sarjana Magister Teologi STT Aletheia mengadakan Kuliah Padat secara online (zoom meeting) dengan tema Isu-isu Kontemporer Studi Biblika: Pengusiran Roh-roh Jahat (Eksorsisme) dalam Injil Sinoptik (khususnya  Injil Markus), dan Topik Biblika lainnya. Kuliah padat dengan pembicara Pdt. Andreas Hauw, D.Th. (beliau adalah salah satu dosen dari STT SAAT Malang) diselengggarakan dalam 3 sesi, yaitu sesi I (19-21 Juli 2021), sesi 2 (26-28 Juli 2021), dan sesi 3 (02-04 Agustus 2021).

Dalam deskripsi kuliahnya, Pdt. Hauw mengatakan bahwa mata kuliah ini membahas topik mukjizat yaitu pengusiran roh-roh jahat (eksorsisme) dalam Injil Sinoptik yang secara khusus difokuskan dalam Injil Markus. Pembahasan topik ini diperkenalkan lewat dua sarjana, yaitu Graham H. Twelftree dan Cheryl S. Pero, yang merepresentasikan dua pendekatan berbeda. Lalu, pembahasan dilanjutkan dengan tujuan memperkenalkan mahasiswa kepada pengembangan metodologi untuk menganalisis topik yang sama (eksorsisme). Akhirnya, kuliah ini akan ditutup dengan mengemukakan/menjelaskan topik yang sama namun dengan eksplorasi analisis menurut pengampu kuliah.

Dengan demikian, Pdt. Hauw mengharapkan peserta kuliah padat tersebut  tidak saja mempelajari topik eksorsisme yang mengerucut namun juga mempelajari bagaimana bisa menganalisisnya sehingga mahasiswa dapat mengembangkannya (juga untuk topik-topik lain Injil Sinoptik) untuk keperluan tugas gerejawi dan akademis.

Posted on 22 July 2021