BERITA DAN ACARA

 

Ujian Tesis I 2021

Program Studi Pasca Sarjana Magister Teologi STT Aletheia pada tanggal 15 Februari 2021 telah mengadakan Ujian Tesis bagi mahasiswanya atas nama Hendra Stiya Budi. Ujian Tesis diselenggarakan secara daring dengan aplikasi zoom meeting. Tema tesis berjudul Penyelidikan Tokoh Rut dalam Kitab Rut untuk Memberikan Pemahaman Perilaku yang Bijak Bagi Etnis Tionghoa-Kristen di Indonesia dinyatakan LULUS.

Sebagai dosen penguji antara lain:

  • 1.      Pdt. Kornelius A. Setiawan, D.Th. (Ketua Penguji)
  • 2.      Pdt. Sia Kok Sin, D.Th. (Pembimbing Tesis)
  • 3.      Pdt. Amos Winarto, Ph.D. (Penguji 1)
  • 4.      Pdt. Alfius A. Mutak, Ed.D. (Penguji 2)

Dalam Ujian Tesis yang diselenggarakan secara daring tersebut, para penguji memberikan masukan yang bertujuan untuk melengkapi naskah tesis yang telah disusun oleh mahasiswa. Masukan positif dari para penguji menjadikan naskah tesis menjadi tepat guna dan sangat relevan dipandang dari sudut akademisi dan dapat diaplikasikan dalam pembinaan jemaat awam.

Selamat atas keberhasilannya.

Posted on 25 February 2021



Test Swab STT Aletheia Lawang

Dalam masa pandemi Covid-19, STT Aletheia telah mengadakan test Swab Antigen dan Swab PCR bagi seluruh civitas akademika. Untuk menghindari kerumunan dan mematuhi himbauan pemerintah tentang social distancing, maka kegiatan tersebut diadakan selama 3 gelombang yaitu:

  • 1.      Gelombang I tanggal 04 Januari 2021 untuk staf dan karyawan yang bekerjasama dengan Rumah Sakit Lawang Medika
  • 2.      Gelombang II tanggal 14 Januari 2021 untuk mahasiswa STT Aletheia bekerjasama dengan Rumah Sakit Lawang Medika
  • 3.      Gelombang III tanggal 27 Januari 2021 untuk dosen STT Aletheia bekerjasama dengan Rumah Sakit Panti Nirmala Malang.

STT Aletheia juga telah membentuk tim satgas covid-19 secara intern untuk mengantisipasi dan memantau protokol kesehatan telah dilaksanakan secara baik di lingkungan kampus Aletheia termasuk di dalamnya penyelenggaraan kelas mengajar bersama dosen dari luar kampus. Dan akan terus dilakukan pengawasan dan pemberian sanksi bagi pelanggar yang melanggar aturan 5 M (Memakai Masker, Mencuci Tangan, Menjaga Jarak, Menjauhi Kerumunan, dan Mengurangi Mobilitas ).

Tim Satgas Covid-19 Intern juga telah mengatur jarak dalam kelas agar memenuhi protokol kesehatan, pembuatan pembatas di meja-meja kantor, penyediaan hand sanitizer di setiap ruangan kelas, penyediaan alat pengukur suhu di tiap kelas, dan penerapan kuliah secara online bagi beberapa mata kuliah termasuk program lain seperti program studi Magister Teologi.

Melalui berbagai usaha positif di atas, diharapkan perkuliahan dan interaksi di kampus STT Aletheia aman dari penularan virus Covid 19. Kiranya Tuhan melindungi kita semua, amin.



Posted on 23 February 2021



Ibadah Pembukaan Semester Genap 2020/2021

Pada tanggal 28 Januari 2021, STT Aletheia telah mengadakan Ibadah Pembukaan Semester Genap 2020/2021 dengan tema semester ini adalah Dare to be a Discipline Shepherd. Bertugas sebagai liturgos adalah ibu Ev. Kartikawati Nurmala, M.Th. dan pembawa renungan firman Tuhan adalah Bpk. Pdt. Linus Baito, M.Th.

Dalam renungannya dengan mengacu pada tema utama semester ini, Pdt. Linus memberikan judul dalam renungannya dengan Disiplin dan Dinamika Kehidupan (Lukas 5:1-11). Pdt. Linus menyoroti tindakan disiplin yang mengarah pada teladan kehidupan Yesus zaman dahulu ketika satu peristiwa di pantai danau Genesaret. Di pantai tersebut, Yesus menyuruh Simon Petrus dan rekan-rekannya untuk menebarkan jala lagi walaupun tahu bahwa Simon Petrus dkk tidak mendapatkan apa-apa sejak semalam. Akan tetapi, ketaatan Simon Petrus dkk membuahkan hasil hingga jala mereka terkoyak karena saking banyaknya ikan yang mereka tangkap atas perintah Yesus. Ketaatan yang berbuah manis.

Dinamika yang dijelaskan oleh Pdt. Linus mencakup:

1.      Dinamika Pendekatan (Lukas 5:1-3): Beragam pendekatan yang dinamis dapat menciptakan "disiplin" baru.

a.       Geografis: Pendekatan dari Central ke Peripheral

b.      Terencana: Pendekatan yang bukan berasal dari Kebetulan

c.       Eksploratif & Apresiatif: Pendekatan yang melihat kebutuhan, sarana penunjang yang tersedia, melibatkan orang sekitar, dan menciptakan "ruang belajar"

2.      Dinamika Frekuensi (Lukas 5:4-7): Disiplin perlu dilakukan secara berkesinambungan sebagai bagian dari normatif, namun yang lebih penting disiplin dilakukan sesuai perintah dan kehendak Tuhan.

3.      Dinamika Transformasional (Lukas 5:8-13): Taat dan hasil dari ketaatan adalah hasil yang fantastis.

Di kesempatan itu, Ketua Sinode yaitu bpk. Pdt. Kornelius A. Setiawan, D.Th. mewakili BP Sinode Gereja Kristus Tuhan menyampaikan agar seluruh civitas akademika STT Aletheia tetap menjaga protokol kesehatan agar proses belajar dan mengajar dapat dilakukan secara tatap muka dan tidak malahan menjadikan kluster baru penyebaran covid-19. Dan tak ketinggalan Ketua STT Aletheia, yaitu bpk. Pdt. Dr. Agung Gunawan, Th.M. juga menyampaikan hal yang kurang lebih sama bahwa seluruh civitas akademika wajib memakai masker di lingkungan kampus, cek suhu setiap memasuki ruangan, dan dianjurkan untuk sering-sering mencuci tangan guna mencegah penularan covid-19. Pdt. Agung juga memperkenalkan mahasiswa baru baik prodi M.Th. atau S.Th. yang sempat tertunda 1 semester di acara tersebut. Soli Deo Gloria...

Posted on 23 February 2021



Seminar Pemupukan Rohani

Pada hari Rabu, 27 Januari 2021, STT Aletheia telah menyelenggarakan Seminar Pemupukan Rohani dengan tema yang disesuaikan dengan tema semester genap 2020/2021 ini yaitu Disiplin Protokol Kesehatan Covid 19. Adapun sebagai narasumber adalah dr. Ratih dari Balai Kesehatan STT Aletheia.

Dalam seminar tersebut, dr. Ratih mengungkapkan fakta tentang pandemi covid 19 sebagai berikut:

·       Nama Covid-19 merujuk pada singkatan dari “Corona virus disease 2019″ atau penyakit yang disebabkan oleh virus Corona pada 2019

·       WHO menetapkan jadi pandemi 11 Maret 2020

·       Indonesia melaporkan kasus pertama pada tanggal 2 Maret 2020


Beliau juga mengungkapkan tentang gejala covid 19 jika sudah tertular dan gejala yang timbul akibat covid 19 sebagai berikut:

·       Masa inkubasi Covid-19 rata-rata 5-6 hari, dengan kisaran antara 1 dan 14 hari namun dapat mencapai 14 hari.

·       Orang yang terinfeksi dapat langsung menularkan sampai dengan 48 jam sebelum muncul gejala (presimptomatik) dan sampai dengan 14 hari setelah gejala muncul melalui:

ü Droplet: Droplet merupakan partikel berisi air dengan diameter >5-10 µm. Penularan droplet terjadi ketika seseorang berada pada jarak dekat (dalam 1 meter) dengan seseorang yang memiliki gejala pernapasan (misalnya, batuk atau bersin) sehingga droplet berisiko mengenai mukosa (mulut dan hidung) atau konjungtiva (mata).

ü Kontak permukaan

ü Aerosol  melalui udara

·       Gejala-gejala yang dialami biasanya bersifat ringan dan dapat memburuk secara bertahap.

·       Beberapa orang yang terinfeksi tidak menunjukkan gejala apapun dan tetap merasa sehat.

·       Gejala COVID-19 yang paling umum adalah demam, rasa lelah, dan batuk kering.

·      Beberapa pasien mungkin mengalami rasa nyeri berat, hidung tersumbat, pilek, nyeri kepala, mata merah, sakit tenggorokan, diare, hilang penciuman dan rasa makanan atau ruam kulit.


Untuk mengantisipasi bahaya penularan covid-19, maka dr. Ratih menyarankan untuk:

1.     Pelaksanaan Physical Distancing

2.    Memastikan akses kebersihan tangan di depan gedung fasilitas umum dan pusat transportasi (misalnya pasar, toko, tempat ibadah, lembaga pendidikan, stasiun kereta atau bus). Tersedia fasilitas cuci tangan dengan air dan sabun dalam jarak 5 m dari semua toilet, baik di fasilitas umum maupun swasta maupun swasta.

3.      Etika batuk/bersin

4.    Pelaksanaan 3M jadi 5 M (Memakai masker, Mencuci tangan, Menjaga jarak, Mencegah kerumunan, dan Membatasi mobilitas) 

Sebagai kesimpulan, dr. Ratih merincinya sebagai berikut:

1.     Virus corona ada

2.     Menular dengan cepat dan menjadi pandemi

3.     Harus mematuhi ketentuan pengendalian wabah

4.     Hambat menular dengan 5 M (Memakai masker, Mencuci tangan, Menjaga jarak, Mencegah kerumunan, dan Membatasi mobilitas)

5.     Assesment dengan 3 T (Treatment, Tracing, dan Testing)

6.     Kekebalan kelompok dengan vaksinasi

 

Seminar tentang Disiplin Protokol Kesehatan Covid 19 ini diikuti oleh seluruh dosen dan mahasiswa STT Aletheia sebagai pembekalan memasuki semester genap 2020/2021 dengan tujuan agar para peserta dapat memahami bagaimana cara new normal di tengah pandemi covid 19. Terima kasih untuk pelayanannya dokter......

Posted on 22 February 2021



Ibadah Penutupan Semester Gasal 2020/2021 dan Perayaan Natal Bersama 2020

Pada hari Selasa, 15 Desember 2020, pkl. 16.00 wib-selesai, STT Aletheia telah mengadakan acara Ibadah Penutupan Semester Gasal 2020/2021 dan sekaligus Perayaan Natal Bersama 2020 secara hybird. Bagi mahasiswa dan dosen yang tinggal di asrama mengikuti acara tersebut di Auditorium Sola Gratia dan bagi dosen dan mahasiswa yang tingal di luar kampus melalui siaran langsung/streaming di channel youtube STT Aletheia.

Ibadah Penutupan Semester Gasal 2020/2021 dan Perayaan Natal Bersama 2020 dilakukan dengan standar protokol kesehatan yang sangat ketat dengan mengharuskan peserta acara memakai masker, cuci tangan dengan handsanitizer yang telah disediakan, dan pengaturan jarak antar tempat duduk peserta. Sebagai pemimpin pujian adalah sdr. Untung dengan singer-nya adalah sdr. Whisma Pascha Elnanda, dan sdri. Elizabeth Catherina F. Pengiring musik adalah sdr. Christian Reeve, S.Th. dan tim.

Kata sambutan pertama disampaikan oleh Pdt. Kornelius A. Setiawan, D.Th. sebagai Ketua Sinode GKT yang menyampaikan apresiasi kepada STT Aletheia yang selama pandemi membantu dalam pembuatan video untuk ibadah online/daring gereja-gereja dalam naungan GKT dan menyukseskan ibadah HUT Sinode GKT yang disiarkan secara online/daring juga.

Kata sambutan kedua adalah dari Pdt. Dr. Agung Gunawan, Th.M sebagai Ketua STT Aletheia yang terus menerus mengingatkan semua mahasiswa guna mematuhi standar protokol kesehatan selama libur natal dan tahun baru sehingga ketika kembali ke kampus tidak membawa virus Covid-19 yang pasti akan mengganggu kehidupan di asrama nantinya.

Tema dari Ibadah Perayaan Natal Bersama STT Aletheia 2020 adalah God’s Visitation: Reach the unreachable dengan pengkhotbah adalah Ev. Ali Salim, S.E., M.A., M.T.S.

Dalam renungan natalnya, Ev. Ali Salim menyampaikan bahwa pada kenyataannya masih banyak suku-suku di pedalaman baik di dalam negeri atau pun di luar negeri Indonesia yang belum tersentuh oleh berita sukacita termasuk di dalamnya karya keselamatan dan kelahiran Kristus penebus.