BERITA DAN ACARA

 

Paskah 2021

Sebagai puncak dari rangkaian acara Paskah 2021, STT Aletheia telah menyelenggarakan Ibadah dan Perayaan Paskah 2021 yang dipusatkan di Auditorium Sola Gratia. Di tengah kondisi pandemi covid 19, Ibadah dan Perayaan Paskah kali ini diadakan secara onsite dan disiarkan secara langsung melalui channel Youtube STT Aletheia di SINI. Sebagai liturgos kali ini dipimpin oleh Sdr. Untung (mahasiswa tingkat 3) dan pembicara oleh Pdt. Linus Baito, M.Th. yang kali ini mengangkat tema yang diambil dari nats Alkitab Matius 28:1-10 dengan judul Makna Kebangkitan Kristus. Turut melayani adalah Paduan Suara STT Aletheia dengan Ev. Yunus Sutandio, M.C.M. sebagai conduct.

 

Mengawali renungannya, Pdt. Linus mengajukan 3 pendapat umum tentang kebangkitan Kristus apakah hanya sekedar fiksi, fakta, atau tradisi. Melalui nats Alkitab, kita diyakinkan bahwa kebangkita Kristus adalah fakta sejarah dan disaksikan oleh berbagai lapisan masyarakat bahkan oleh malaikat. Kebangkitan Kristus memberikan kemampuan orang percaya untuk bersaksi bahkan dapat dilakukan oleh kaum perempuan yang dalam budaya Israel saat itu termasuk golongan yang tidak diperhitungkan. Kebangkitan Kristus juga mendorong kreatifitas orang percaya untuk bersaksi bagi Tuhan melalui berbagai macam cara, antara lain:

  • Geografis: Pola bersaksi abad pertama dari kuburan, ke Galilea, masuk Yerusalem, terus ke Yudea, menerobos Samaria, sampai ke ujung bumi
  • Etnografis: Pola bersaksi abad 20 merujuk pada kolektifitas umat manusia dari segala bangsa, suku, kaum, dan bahasa (wahyu 7:9)
  • Netnografis: Pola bersaksi abad 21 menjangkau setiap individu yang terkoneksi dalam jaringan secara digital.

 

Dan pada akhir renungannya, Pdt. Linus menutup dengan nats Alkitab dari MATIUS 28:6: Ia tidak ada di sini, sebab Ia telah bangkit , sama seperti yang telah dikatakan-Nya. Mari, lihatlah tempat Ia berbaring.” ---sungguh---YESUS TELAH BANGKIT (MATIUS 28:6)!!

 

Perayaan Paskah 2021 diselenggarakan secara berbeda dari tahun-tahun lalu sebelum pandemi covid 29 dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan. Perayaan Paskah dilambangkan dengan menempelkan bunga oleh seluruh peserta yang hadir di sebuah kayu salib yang telah tersedia, yang mempunyai arti bahwa sebagai orang percaya harus berkomitmen untuk menjadi saksi Tuhan, memberitakan kematian-Nya di manapun Tuhan mengutus kita.

 

Kiranya melalui Ibadah dan Perayaan Paskah 2021, kita sebagai orang percaya kembali dikuatkan untuk selalu meneladani hidup Tuhan Yesus dan menjadi saksi-Nya di manapun kita berada. Soli Deo Gloria.

Posted on 06 April 2021



Ibadah Jumat Agung 2021

Masih dalam rangkaian peringatan Paskah, pada hari Jumat, tanggal 02 April 2021 civitas akademika STT Aletheia telah mengadakan Ibadah Jumat Agung 2021 yang dipusatkan di Auditorium Sola Gratia. Ibadah Ibadah Jumat Agung kali ini dimeriahkan oleh penampilan tim drama dan vokal grup STT Aletheia sebuah drama tanpa dialog tentang refleksi kisah penyaliban Tuhan Yesus yang diambil dari Matius 27:1-61. Seluruh rangkaian acara Ibadah Jumat Agung 2021 bisa diakses secara streaming di chanel youtube STT Aletheia di sini

Dalam refleksi tersebut sangat jelas diceritakan tentang penderitaan, pengorbanan, dan kasih Yesus bagi kita semua. Dan melalui refleksi ini juga, pembicara Ibadah Jumat Agung 2021, yaitu Bpk. Brury Eko Saputra, Th.M. memberikan penekanan arti pengorbanan Yesus bagi kita di masa sekarang terlebih menjawab cibiran dan ejekan bagi kisah tersebut oleh orang-orang yang tidak mau percaya di berbagai zaman.

Ibadah Jumat Agung dilanjutkan dengan Perjamuan Kudus yang dilayani oleh Pdt. Amos Winarto, Ph.D. dan beberapa majelis Gereja Kristus Tuhan (GKT) Betlehem Lawang. Oleh karena masih dalam masa pandemi covid 19, maka teknis pelaksanaan Perjamuan Kudus kali ini sedikit berbeda walau tidak mengurangi esensi makna yang diajarkan Tuhan Yesus di malam terakhir. Kiranya melalui pengorbanan Kristus di kayu salib membuat kita semua makin menyadari arti panggilan kita bagi generasi ini. Soli Deo Gloria.

Posted on 05 April 2021



Pelantikan dan Peneguhan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) 2021/2022

Pada hari Selasa, tanggal 30 Maret 2021 STT Aletheia telah mengadakan pelantikan dan peneguhan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) periode 2021/2022. Pelantikan dipimpin oleh Pdt. Amos Winarto, Ph.D. selaku Wakil Ketua III bidang Kemahasiswaan. Adapun susunan pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) periode 2021/2022 adalah:

 

Badan Pengurus Harian (BPH)

Ketua               : Sdri. Seliana

Wakil Ketua    : Sdr. Berkat Anugrah Hia

Sekretaris       : Sdri. Lidya Octavianus Widianto

Bendahara I    : Sdr. Whisma Pascha Elnanda

Bendahara II   : Sdri. Nirma Harnike Riwu

 

Badan Penjamin Mutu (BPM)

Tingkat I    : Sdr. Maiekel Enggelo Eden Killa

Tingkat II   : Sdr. Joshua Tedjo Budianto

Tingkat III  : Sdr. Christo Antusias Davarto Siahaan

 

Sie-sie (BPL):

1.Sie Rohani       : Daniel Tejo Kusumo & Resi Emilia Cici

2.Sie Kesehatan : Deron Herta Citro & Elisabet Eka Apriani

3.Sie Umum        : Geosantiko Raka Arifyansah & Kezia Ivana Maramis

4.Sie Olahraga    : Jasen Yobelius Hariadi & Lois Orla Wijayanti

5.Sie Humas       : Albert Chirstian Soetopo & Noelia Angelica Polii

6.Sie Kesenian    : Timoti Kurniawan & Christyana Elizabeth Huwae

7.Sie Dekorasi     : Hugo Graciano Mnaohonin & Elizabeth Catherina Febrianto

8.Sie Iltek              : Natanael Tri Mellyanto & Mok Fiola Lucky Rianto

 

Selamat melayani bagi pengurus BEM 2021/2022 dan terima kasih untuk pelayanan pengurus BEM 2020/2021. Soli Deo Gloria.

Posted on 05 April 2021