BERITA DAN ACARA

 

Diskusi Teologi 2021

Badan Eksekutif Mahasiswa (Sie Humas) telah mengadakan Diskusi Teologi yang kali ini membahas tentang sebuah film yang pernah viral di tahun 2005 yaitu film yang berjudul The Lion, the Witch and the Wardrobe. Film tersebut merupakan perwujudan dari sebuah novel fantasi karya C. S. Lewis. Buku ini ditulis pada tahun 1950 dan mempunyai nuansa sekitar tahun 1940. Buku ini adalah yang pertama kali ditulis dari ketujuh seri "The Chronicles of Narnia". Tokoh dalam film tersebut adalah  empat bersaudara—Peter, Susan, Edmund, and Lucy Pevensie, Jadis, Mr. Tumnus,  dan Aslan.

Dalam diskusi teologi yang diadakan pada hari Kamis, 09 September 2021 dipandu oleh Ev. Ali Salim, S.E., Th.M. Beliau menggarisbawahi bahwa film tidak selalu berkonotasi negatif, akan tetapi juga ada yang membawa berita kebenaran seperti film Narnia ini salah satunya.

Dalam film tersebut, Aslan, menggambarkan Tuhan Yesus sebagai singa dari Yehuda. Dalam salah satu peristiwa, juga digambarkan suasana yang mirip ketika Yesus berdoa di taman Getsemani, bahkan ada yang menggambarkan juga terbelahnya tabir Bait Suci menjadi 2 dari atas sampai bawah sama dengan ketika Aslan dipermalukan dan batu yang ada di situ juga terbelah menjadi 2.

Melalui bedah film ini, diharapkan bahwa peserta diskusi teologi bisa memilah dan menelaah berbagai film yang sesuai dengan kebenaran Alkitab, dan mana yang tidak sesuai. Dan melalui film “Narnia” ini, sebagai orang Kristen kita harus tahu banyak istilah yang menggambarkan Tuhan Yesus seperti Alfa dan Omega, Cornerstone, Good Shepherd, dan lain – lain. Semua untuk kemuliaan Tuhan.

Posted on 14 September 2021



Malam Doa Misi

Malam Doa Misi telah diselenggarakan di ruang Chapel pada hari Rabu, 08 September 2021, jam 19.00-19.30 wib.  Yang bertugas sebagai pemimpin pujian adalah Sdri. Rifat Bria dan pengiring adalah Sdr. Jovan Revando H. Doa Malam Misi kali ini diselenggarakan secara hybrid dengan aplikasi Zoom Meeting yang diikuti secara luring oleh seluruh mahasiswa yang tinggal di kampus STT Aletheia Lawang dan secara daring oleh Bpk. Troy (beliau adalah anggota Sending WEC yang melayani misi penginjilan di daerah Tibet)

 Acara Malam Doa Misi dimulai dengan menjalankan saat teduh yang dilanjutkan dengan menyanyi bersama, dan setelah doa pembukaan, tibalah waktunya mendengarkan presentasi dari wakil dari Sending Worldwide Evangelization for Christ (WEC), yaitu Bpk. Troy. Melalui presentasi yang beliau paparkan dengan slide gambar di aplikasi powerpoint, beliau menjelaskan secara detil dan rinci apa saja kendala dan hal-hal yang perlu didoakan agar pelayanan misi di Tibet semakin diberkati Tuhan.

 Melalui acara Malam Doa Misi, diharapkan agar mahasiswa dan seluruh peserta acara dapat mempunyai gambaran yang nyata tentang pelayanan misi yang saat ini dilakukan oleh anak-anak Tuhan yang tergabung dalam Sending Worldwide Evangelization for Christ (WEC) di daerah Tibet serta tergerak untuk melakukan pelayanan misi ke daerah-daerah terpencil agar nama Tuhan disebarluaskan seperti perintah Tuhan dalam Matius 28:18-20, 18 Yesus mendekati mereka dan berkata: "Kepada-Ku telah diberikan segala kuasa di sorga dan di bumi. 19Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, 20dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman." Soli Deo Gloria.

Posted on 10 September 2021



Pandemi Cup

Oleh karena pandemi covid 19 belum berakhir, maka mahasiswa yang tidak diizinkan liburan ke daerah masing-masing perlu diberikan kegiatan agar dapat mengisi waktu luang selama tinggal di kampus. Badan Eksekutif Mahasiswa STT Aletheia dalam hal ini sie olah raga telah mengadakan berbagai lomba Pandemi Cup yang diikuti oleh seluruh mahasiswa yang dibagi menjadi 4 kelompok, terdiri dari percampuran mahasiswa dari berbagai tingkat/angkatan. Adapun lomba-lomba tersebut antara:

  • Matematika Alkitab
  • Cup and Paper
  • Perjalanan Kelereng
  • Perang Air
  • Tebak Tokoh Alkitab
  • Mencocokan Pasangan
  • Sumpit Biji
  • Remas Spongebob
  • Tebak Kata
  • Piramida
  • Pelarian Ingatan
  • Mukbang
  • Menentukan Pilihan

Lomba yang diadakan di setiap hari Sabtu, pada tanggal 10, 17 dan 24 Juli 2021 tetap mengikuti protokol kesehatan yang ketat, terutama pemakaian masker adalah hal yang wajib bagi peserta lomba.

Tujuan dari acara ini adalah agar terjalin kekompakan di antara mahasiswa lintas angkatan di samping itu juga untuk dapat mengisi waktu luang yang ada karena sedang libur kuliah.

Posted on 26 August 2021